Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini berada tak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Pada awalnya, benteng dibangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, sampai kemudian bangunan disempurnakan oleh raja ke-14.

Dalam catatan sejarah, benteng ini pernah hancur akibat penyerbuan Belanda ke Kerajaan Gowa. Karena Belanda ingin menguasi jalur perdanganan rempah-rempah sehingga terjadi lah peperangan. Satu tahun penuh benteng ini di gempur secara terus menerus oleh belanda, kerajaan Gowa-Tallo kalah.

Pada tahun 18 November 1667 mereka menekan perjanjuan Bongaya yang berisikan penyerahan kepada pasukan Belanda. Benteng ini mengalami kerusakan parah dan direnovasi ulang ketika Gubernur Jendral Hindia Belanda menjabat waktu itu. Nama benteng diubah menjadi Fort Rotterdam untuk mengenang derah kelahirannya di Belanda.

Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini menyerupai seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Penyu dipilih karena binatang ini dapat hidup di air dan di darat, hal ini sesuai dengan Keajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun daratan.

Ada beberapa bangunan di Benteng Rotterdam yang dijadikan sebagai museum cagar dan masuk dalam pengawasan kantor Badan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulaweis Selatan. Di  sini ada lima bastion yang menjadi ciri khas bangunan ini yang menjadikannya sebuah benteng.

Kelima bastion ini yaitu Bastion Bone terletak di sebelah barat, tepatnya di bagia tengan benteng. Bastion Bacan terletak di sudut barat daya, Bastion Buton di sudut barat laut, Bastion Mandarasyah terletak di sudut timur laut dan Basiton amboina terletak di sudut tenggara

Tiap bastion dihubungkan dengan dinding benteng kecuali bagian selatan yang tidak mempunyai dinding yaitu antara Bastion Bacan dan Bastion Amboina. Secara keseluruhan Benteng Rotterdam memiliki Luas 2,5 hetare dan didalamnya terdapat 16 buah bangunan dengan luar 11.605 meter persegi.

*Picture From kmstour.com : https://goo.gl/vjaC8i