Danau Tempe merupakan penghasil ikan air tawar  terbesar di dunia, karena dasar danau ini menyimpan banyak sumber makanan ikan.  Selain itu, danau ini juga memiliki spesies ikan tawar yang tidak dapat ditemui  di tempat lain. Hal ini diperkirakan karena letak danau ini berada tepat di  atas lempengan Benua Australia  dan Asia.

Di tengah-tengah Danau Tempe, tampak ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer dengan dihiasi bendera yang  berwarna-warni. Dari atas rumah terapung itu, wisatawan dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama, serta menyaksikan beragam satwa burung, bunga-bungaan, dan rumput air yang terapung di atas permukaan air. Di malam hari, para pengunjung  dapat menyaksikan indahnya rembulan yang menerangi Danau Tempe sambil memancing  ikan.

Di sini banyak sekali perumahan warga yang dibangun diatas air. Sehinga menjadikan tempatini sebagai salah tempat yang unik ketika kita mengunjunginya. Kita bisa sewa kapa dari para warga sekitar untuk diantar berkeliling dan menikmati keindahan yang ada di Danau Tempe.

Setiap tahunnya tempat ini selalu mengadakan fertival tepatnya setiap tanggal 23 agustus diadakan festifal laut atau juga sering disebut Maccera Tappereng (mensucikan danau) yang ditandai dengan pemtongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat. Dalam acara ini kamu dapat menyaksikan aktrasi wisata yang sangat menarik, seperti lomba perahu tradisonal, peruhu hias, permainan rakya, penggeralaran musik tradisional dan tari bissu yang dimainkan oleh para waria dan berbagai pagelaran lainnya.

*Picture From wisatanasional.net : https://goo.gl/fUJDKW