Nah ini dia, bagi kalian yang sedang liburan di Makassar jangan khawatir untuk cari Oleh-oleh atau buah tangan Khas Makassar. Di Sepanjang Jalan Somba Opu berbagai macam Jajanan Khas Makassar ada disini.

Seperti menjadi sebuah peraturan tak tertulis, bahwa sepulang dari bepergian harus membawa ole-ole. Memang jika berkunjung ke suatu daerah, tak lengkap rasanya jika pulangnya tidak membawa buah tangan atau ole-ole khas dari daerah tersebut. Buah tangan bisa berupa makanan, pakaian, atau souvenir yang unik. Demikian pula jika anda melakukan kunjungan wisata ke Makassar, wajib hukumnya menginjakkan kaki di Jalan Somba Opu, pusat ole-ole khas Makassar.

Ada puluhan toko yang khusus menjual cinderamata khas sulaweis selatan. Harga yang ditawarkan umumnya tidak jauh antara toko yang satu dengan yang lainnya. Beberapa toko biasanya sudah memasang label harga tetapi jangan khawatir kamu masih bisa menawar harga barang yang kamu inginkan.

Setiap toko biasanya menjual aneka kerajinan tangan atau souvenir, bahkan menjualpenganan dan obat-obatan khas dari Sulawesi Selatan. Mulai dari sonko bone, kain dan sarung sutra, kaos dan gantungan kunci yang bertuliskan Mkassar. Begitu juga makanan ringan yang dijual oleh para pedagang seperti markisa, jambu mete, kopi toraja bahkan obat-obatan yang terkenal dari Makassar minyak gosok cap tawon pun banyak berjejeran disetiap toko.

Jalan yang namanya diambil dari nama benteng peninggalan kerajaan Gowa ini juga terkenal sebagai pusat penjualan perhiasan emas di Makassar. Tak heran ketika berada di jalan tersebut, bukan hanya penjual ole-ole khas Makassar yang akan ditemui, namun juga deretan toko perhiasan emas di kiri-kanan jalan tersebut.

*Picture From bahrululumilham.wordpress.com: https://goo.gl/Wm1bwB