Saat liburan Imlek memang paling pas kalau berkunjung ke Klenteng Sanggar Agung. Konon, klenteng ini adalah tempat di mana Dewi Kwam Im menampakkan dirinya.

Klenteng ini sangat indah karena memang lokasinya yang terletak di pinggir pantai. Memang, biasanya klenteng terletak di tengah kota atau di dekat pemukiman warga.Namun, klenteng yang berlokasi di Jalan Sukolilo 100, kompleks Pantai Ria Kenjeran ini memang sengaja dibangun di dekat pantai dan menyajikan pemandangan indah panorama hutan bakau yang bisa jadi spot foto yang oke.

Selain lokasi yang unik yaitu berada di pinggir pantai dan menjadi tempat yang sangat cocok untuk spot foto. Pada bagian dalamnya pun jangan sampai kelewatan ketika berkunjung ke sini. Bagian klenteng ini juga mempunyai keunikannya sendiri dimana bagian dalam kelenteng merupakan bagian yang sangat indah. Terdapat patung Dewi Kwan Im Pouw Sat dan emapt pelindungnya. Ada juga 2 patung naga di setiap sisi patung Dewi Kwan Im dnegan panjang masing-masing 6 meter. Patung Kwan Im sendiri memiliki ukuran yang sangat tinggi sekitar 20 meter dan tampak indah layaknya sebuah karya seni. Patung Kwan Im dibangun setelah kurang dari 2 tahun dari kuil dibangun.

Patung Kwan Im ini dibangun ketika seorang karyawan Sanggar Agung melihat sesosok wanita berjubah putih berjalan di atas air pada saat sedang menutup klenteng di malah hari. Penampakan tersebut dipercaya sebagai penampakan Dewi Kwan Im. Selain patung Dewi Kwan Im sendiri ada pula ikon lain yang berada di Sanggar Agung yaitu patung Phra Phrom raksasa berlapis emas yang dibuat sangat megah sehingga orang akan terpesona ketika melihatnya.

*Picture From Wikipedia : https://goo.gl/x2P4Gd