Are you a leader ?

BOS Vs LEADER

Predikat mana yang lebih menarik di diri kita ketika mendapat kesempatan untuk menjadi orang no 1 (satu) dalam sebuah organisasi, Bos atau pemimpin ?, hal ini sangat dipengaruhi oleh karakter seseorang, tidak sedikit orang yang lebih senang dianggap  dirinya seorang Bos ketimbang  pemimpin, namun banyak juga yang lebih nyaman menempatkan diri sebagai Pemimpin dibandingkan bos.

Bagi karyawan atau team atau bawahan akan lebih menyenangkan memiliki seorang pemimpin dari pada bos, mengapa demikian ? karena seorang pemimpin akan memberikan ruang bagi teamnya untuk berkembang.  Dua karakter yang sangat berbeda, gaya management, cara mengambil keputusan dan bagaimana membangun hubungan kerja jelas berbeda diantara keduanya.

1.       Bos biasanya  memberikan instruksi, sedangkan pemimpin mengajak dengan memberikan contoh

2.      Bos lebih senang kesuksesan dikenali sebagai hasil kerjanya sedangkan pemimpin hasil kerja kerasnya Bersama team

3.      Pemimpin selalu membangun orang lain untuk maju sedangkan bos menggunakan orang lain untuk kemajuannya

4.      Bos membangkitkan rasa takut sedangkan pemimpin memberikan rasa nyaman dan menumbuhkan rasa memiliki

5.      Pemimpin selalu memberikan apresiasi, bos hanya melihat prestasi

6.      Bos lebih mengandalkan kekuasaan sedangkan pemimpin mengandalkan kerjasama

7.   Bos membuat suasana kerja membosankan sedangkan pemimpin membuat kerja termotivasi.

business-leader-leading-the-way-to-his-colleaguesSangat jelas tergambar dari perbedaan keduanya, reaksi yang akan diterima dari konsekuensi atas pilihan untuk menempatkan diri sebagai Bos ataupun pemimpin, dan pastinya masing-masing karakter ini akan memberikan dampak positif dan negative. Adakalanya kita harus menyesuaikan dan memahami orang-orang yang kita pimpin, agar lebih bisa menyesuaikan sikap yang paling tepat untuk menjalankan sebuah organisasi.

Tidak ada pilihan lain bagi bawahan pasti akan lebih memilih seorang pemimpin, karena sikapnya lebih bijaksana dan mampu membangun situasi kerja yang harmonis tentunya. Jika seorang pemimpin benar-benar bisa menjadi row model bagi bawahannya hal ini akan sangat menguntukan sebuah organisasi, karena akan menimbulkan kesadaran untuk patuh terhadap atasan maupun aturan yang ada. Tentunya pemimpin yang dibekali dengan karakter yang unggul, menjaga sikap, etika kerja, emphaty yang baik terhadap bawahan, kemampuan untuk menguasai pekerjaan, percaya diri, attitude yang baik, memahami kesulitan bawahan dan mampu memberikan solusi.

Untuk ulasan lebih detail, hubungi LARIZ HOTELS & RESORTS MANAGEMENT

By Tince Yustina

26 April 2018