Masjid yang sudah berdiri kokoh sejak tahun 1909 ini sudah lama menjadi bagian dari tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi. Masjid Agung ini menjadi masjid paling indah dan paling besar di Sumatera Utara .

Masjid Raya yang megah ini bernuansa arsitektural Belanda dan juga perpaduan dengan seni dari Turki, Andalusia dan juga negara Arab lainnya. Tidak hanya untuk mengalami sensasi beribadah di dalamnya, Masjid Raya Medan juga bisa menjadi latar yang indah untuk berfoto-foto. Kebanyakan bahan bangunan untuk mendekorasi masjid ini dibuat di negara Italia

Masjid Raya Al-Mashun atau biasa dikenal Masjid Raya Medan merupakan salah satu peninggalan seorang Sultan Deli di Sumatera Utara yang bernama Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam (1873-1924) yang sangat monumental dan memilki nilai sejarah yang sangat tinggi. Masjid Raya Al-Mashun terletak di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara.

Luas Bangunan Masjid sekitar 5000 m2 dan dibangun diatas lahan seluas 18.000 m2. Pembangunan masjid ini memakan waktu selama 3 tahun yaitu dari tanggal 21 Agustus 1906 sampai 19 September 1909. Masjid Raya ini telah berumur lebih dari 1 abad dan termasuk salah satu bangunan tertua di Kota Medan. Masjid ini sampai sekarang masih digunakan untuk beribadah dan berdoa setiap harinya.

Sejak dibangun sampai saat ini, Masjid Raya Medan belum pernah direnovasi. Menurut salah seorang pengelola masjid, pemerintah daerah Sumatera Utara pernah merencanakan renovasi bagian-bagian Masjid Raya Al-Mashun yang telah rusak dimakan usia dan perluasan agar dapat menampung Jama’ah lebih banyak.

*Picture From ksmtour.com https://goo.gl/uYtUsP