Fungsi dan Pengertian AC Split.

AC adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengkondisikan udara. Bisa dikatakan AC adalah alat yang berfungsi sebagai pendingin udara. Penggunaan AC di maksudkan untuk memperoleh temperature udara yang di inginkan (Sejuk atau dingin). Komponen AC di bagi menjadi 4 bagian yaitu komponen utama, komponen pendukung,komponen kelistrikan dan bahan pendingin (refrigerant).

1. Komponen Utama.

  • Kompresor

kompresor Fungsi Kompresor AC yaitu suatu alat yang bertugas untuk menghisap uap refrigan dari evaporator, kemudian menekannya /mengkompres dengan demikiansuhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi. Kompresor juga berfungsi mengalirkan refrigerant ke seluruh system pendingin.

  • Kondensor

kondensor

Kondensor AC adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah/mendinginkan gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi. Untuk penempatannya sendiri Kondensor di tempatkan diluar ruangan/outdoor yang sedang didinginkan agar dapat membuang panasnya keluar.

  • Evaporator

evaporator

Evaporator AC adalah sebuah alat untuk menampung uap dingin yang di hasilkan melalui proses Refrigrasi. Proses tersebut di dapat dengan cara mengubah nilai dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi sehingga di dapatkan uap dingin.

  • Pipa Kapiler

pipa kapiler

Pipa Kapiler AC merupakan komponen utama AC yang berfungsi menurunkan tekanan refrigerant dan mengalirkan refrigran menuju evaporator pada pipa kapiler refrigran yang mengalir adalah dalam bentuk cair, sehingga tidak jarang akan mengeluarkan bunyi seperti aliran air pada saat AC beroperasi. Fungsi pipa kapiler sangat vital karena menghubungkan dua bagian tekanan yang berbeda  yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah

2. Komponen Pendukung AC

  • Strainer

strainer

Strainer atau saringan berfungsi sebagai penyaring kotoran yang terbawa oleh refrigran di dalam system AC. Kotoran yang lolos dikarenakan strainer sudah rusak dan akan menyababkan tersumbatnya pipa kapiler,akibatnya sirkulasi pipa kapiler akan terganggu.

  • Accumulator

accumulator

Accumulator berfungsi sebagai penampung sementara refrigran cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator selain itu Accumulator berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas accumulutair menuju ke saluran isap kompresor.Untuk mencegah agar refrigrancair tidak mengalir ke kompresor accumulator mengkondisikan wujud refrigran tetap dalam wujud gas, sebab ketika wujud refrigran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor dan tidak merusak bagian kompresor.

  • Minyak Pelumas Kompresor

minyak pelumas

Minyak pelumas atau oli kompresor pada sistim AC berguna untuk melumasi bagian-bagian kompresor agar tidak cepat aus karena gesekan. Selain itu, minyak pelumas berfungsi meredam panas dibagian-bagian kompresor. Sebagian kecil dari oli kompresor bercampur dengan refrigran, kemudian ikut bersikulasi didalam sistem pendingin melewati kondensor dan evaporator. Oleh sebab itu, oli kompresor harus memiliki persyaratan khusus, yaitu bersifat melumasi, tahan terhadap temperatur kopresor yang tinggi, memiliki titik beku yang rendah karena bercampur dengan refrigeran, dan tidak menimbulkan efek negatif (merusak) pada sifat refrigeran serta komponen AC yang dilewatinya.

  • Fan / Blower AC

blower indoor

Blower Indoor AC

berguna untuk menghisap udara yang ada didalam ruangan dan menghembuskannya kembali. Jadi tugas utama blower adalah menjaga sirkulasi udara agar tetap segar dan juga bersih tetapi tetap dingin saat dihembuskan kembali.

Blower Outdoor AC

Seperti namanya, komponen satu ini berbentuk seperti kipas angin baling-baling seperti kipas angin yang sering Anda lihat. Kipas di sini berperan penting untuk mendinginkan  kondensor  yang mana merupakan bagian paling panas dari AC. Selain membantu mendinginkan AC, kipas juga membantu untuk proses pembuangan panas udara dan membantu mengurangi tekanan pada refrigant.

3. Komponen Listrik

  • Thermistor

thermistor

Fungsi dari thermistor sama dengan termometer yaitu berperan penting dalam sensor udara di dalam ruangan dan dan di luar ruangan sehingga dapat menganalisa suhu dingin di dalam ruangan seperti perintah dari remote AC yang Anda inginkan.

  • Kapasitor

Fungsi Kapasitor Pada AC Split – Setiap mesin elektronik sebagian besar selalu dibekali dengan tahanan. Hal ini di maksudkan untuk penyimpanan daya listrik sementara. Sehingga saat alat tersebut dinyalakan pertama kali sudah mempunyai kekuatan untuk membantu menghidupkan mesin.

  • Overload

overload

Overload merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengamankan kompresor jika kompresor tidak bekerja dengan normal, overload bekerja dengan cara memutuskan aliran listrik pada kompresor. Berikut ini adalah kerusakan yang dapat memicu overload bekerja:

  1. Kapasitor mati
  2. Kompresor kurang oli
  3. AC Kurang Freon
  4. Sistem Refrigran Buntu

 

  • Motor Listrik

motor listrik

Sedangkan pada blower kipas fan AC,  adalah jenis motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi makanik. Sehingga menghasilkan pergerakan. Pergerakan tersebut di fungsikan untuk mengerakan blower / baling-baling kipas fan, sehingga dari hasil putaran itu di gunakan untuk membuang hawa panas pada outdoor, dan hawa dingin pada evaporator indoor.

  • Bahan Pendingin Refrigerant

bahan pendingin

Refrigerant pada sistem pendingin AC merupakan fluida yang mengalir di dalam sistem AC. Refrigerant berfungsi sebagai fluida yang digunakan untuk menyerap panas dari udara pada ruangan sehingga suhu di dalam ruangan tersebut menjadi bersuhu rendah atau dingin.