Pulau Samosir dengan Danau Toba menjadi satu dan tak terpisahkan karena letak pulau yang berada di tengah danau. Pesona alam yang masih alami dari Pulau Samosir menjadi daya tarik utama obyek wisata alam yang satu ini. Pulau ini memiliki tinggi 1000 meter di atas permukaan air laut. Pulau Samosir menjadi pulau unik karena merupakan pulau vulkanik yang berada ditengah Danau Toba

Menuju pulau samosir bisa dilakukan pagi hari dengan membeli tiket feri seharga Rp 10.000,- per orang dan sambil menunggu keberangkatan kamu bisa melihat pemandangan danau toba yang luas. Dan tetntunya kamu bisa hunting spot foto-foto yang keren-keren.

Apa saja sih yang ada di Pulau Samosir? Di sini kita dapat belajar sejarah Suku Batak, terdapat pula baju, aksesoris, sampai dengan kain tradisional Batak yang dijual untuk wisatawan/umum. Selain sebagai tempat wisata, ternyata danau ini menjadi tumpuan hidup masyarakat sekitar. Air danau Toba menjadi mata air utama dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan warga sekitar.

Uniknya di pulau ini juga terdapat wisata danau. Terdapat dua danau dipulai yang berada di tengah Danau Toba, Danau Sidhoni dan Aek Natonang. Selain tiu juga pulau ini menawarkan banyak keunikan budaya dan sejalah lainya. Misalkan pusuk buhit yang dipercaya sebagai tempat asal usul suku Batak.

Tempat yang wajib dikunjungi tatkala berlibur di Samosir adalah Tuktuk. Tuktuk merupakan tempat persinggungan antara dua pulau yaitu Sumatera dan Samosir. Tidak kalah menarik lagi ada objek wisata pemandian air panas dan Museum Adat budaya batas. Museum ini cukup menarik karena berada di ruangan terbuka dan ada banyak batu peninggalan raja yang konon asal mula orang Batak. Penjaga museum pun masih fasih menjelaskan sejarah masa lalu.

*Picture From pegipegi.com : https://goo.gl/566q1z