Nih buat kalian pecinta Travelling wajib nihh berkunjung ke Taman Laut Taka Bonerate, Ada sebanyak lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate, sehingga sangat bagus untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya. Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak.

Asal-usul terbentuknya tempat yang kita kenal sekarang yaitu Takabonerate bermula pada sebuah gunung berapi yang meletus dan sisa-sisanya terndam sekitar 2.000 meter di bawah permukaaan laut. Terbentuk lah terumbu karang. Sehingga tanaman laut mulai tumbuh subur disana.

Sampai ada satu bagian yang lapang sekali mirip sabana di daratan. Orang-orang menyebutnya padang lamun, tidak berbedah jauh dengan padang rumput yang ada didaratan hanya bedanya ini hidup di laut dengan berbunga, berbuah dan berbiji. Sehingga ikan-ikan kecil yang lucu sering main-main di sini.

Takabonerate juga merupakan rumah bagi biota penyu. Ada sekitar empat jenis peny yang bisa ditemukan di kantong-kantong air, beberapa diantaranya ada penyu sisik, penyu lekang, penyu tempayang dan penyu hijau. Kekayaan hayati laut yang membuat pemerintah kabupaten menjaga Takabonerate.

Sejak Tahun 2005, Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition (TIE).

*Picture From mprito.wordpress.com : https://goo.gl/s9TBuH