Jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tepatnya di sekitar Makassar, sempatkanlah mampir di Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros dan berjarak kurang lebih 42 km dari kota Makassar. Berwisata ke Bantimurung ini maka pengunjung akan disuguhi pemandangan alam pegunungan yang indah dengan kesejukan udara disekitarnya.

Taman Nasional Batimurung menjadi rumah berbagai macam spesies kupu-kupu. Di sini kamu bisa menemukan beberapa tempat yang bagus. Mulai dari gua dnegan stalagmit dan stalalit yang menawan serta kawasan yang sangat cocok untuk berkembangbiak kupu-kupu.

Koleksi yang ada cukup banyak 100an jenis spesies dengan 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah. Saking banyaknya spesies kupu-kupu yang ada, Alfred Russel Walance sebagai peneiti kupu-kupu  pada tahun 1856an menyabutkan bahwa Bantimurung merupaka kerajaan kupu-kupu.

Ditambah lagi dengan adanya Air Terjun yang mengalir deras dengan aliran sungai yang berbatuan diapit oleh kokohnya tebing-tebing terjal, menjadikannya semakin lengkap sebagai tempat wisata yang menyegarkan tubuh.

Kamu bisa mengunjungi air terjun Bantimurung yang mempunyai tinggi sekitar 15 meter dan cukup unik. Air terjun ini mengalir dari gundukan batu kabur yang besar dengan lebar hampir 20 meter. Lokasi air terjun ini agak susak untuk ditemui dibutuhkan usaha yang cukup ekstra untuk bisa ke sini.

Taman Nasional Batimurung juga memiliki museum kupu-kupu yang akan memberikan informasi  lengkap tentang koleksi kupu-kupu yang diawetkan serta ada patung kupu-kupu yang dibuat dengan ukuran besar.

*Picture From maxnyoos.com : https://goo.gl/77eEpG